sponsor kami



jual madu asli murah

21 Desember 2011

plus minus minum kopi


Kopi hangat di pagi hari adalah minuman favorit bagi sebagian orang termasuk saya dan mungkin anda. Tahukah anda bahwa pertama kali ditemukan sebagai tanaman obat? Namun walaupun demikian, dunia kedokteran mencurigai bahwa kopi menjadi salah satu penyebab timbulnya beberapa penyakit. Kopi bagi sebagian orang dianggap berdampak buruk bagi kesehatan, tapi sebenarnya anggapan itu juga tidak seutuhnya benar. Sejumlah penelitian para ahli menyebutkan belum bisa dibuktikan bahwa mengkonsumsi kopi setiap hari dalam jumlah yang wajar akan berpengaruh terhadap berbagai penyakit.
Namun demikian, kopi juga mempunyai efek kafein sebagai kandungan utama kopi. Kafein bersifat stimulan yang menimbulkan efek candu. Kafein dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Kafein bisa menjadi racun jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi konsumsi dalam jumlah yang wajar dapat membantu pikiran dan pekerjaan.
Jumlah konsumsi kafein yang wajar antara orang satu dengan orang lainnya berbeda satu sama lain. Tapi sampai saat ini belum ada penelitian  yang menyebutkan efek-efek kafein yang dikonsumsi kurang dari 300 miligram perhari. Tapi yang disebutkan di atas, efek kafein pada tiap-tiap orang berbeda.
Minum kopi dalam jumlah yang wajar tidak akan membahayakan bagi tubuh, bahkan sebaliknya kopi dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Seperti yang diterangkan diatas konsumsi kopi yang wajar adalah 300 mg kafein perhari atau setara dengan 3 cangkir. Kopi yang dikonsumsi 5 – 6 cangkir perhari berturut-turut selama 8 – 15 hari dapat menimbulkan efek kecanduan dan juga menimbulkan beberapa penyakit diantaranya muntah, diare dan demam. Kopi dapat menimbulkan kematian bagi kita jika kita mengkonsumsinya sebanyak 10 gram kafein atau setara dengan 20 – 50 cangkir perhari. Jika kita mengkonsumsi kopi dengan jumlah wajar selain bisa menambah kecepatan berfikir dan inspirasi kita, kopi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan, antara lain :
-          Mengurangi resiko kanker usus besar
-          Mengurangi resiko batu empedu
-          Mengurangi sirosis hati
-          Mengurangi penyakit parkinson
-          Mengurangi frekuensi serangan asma bagi penderita asma
Jadi bagi para penderita asma sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi kopi, dalam jumlah wajar dan tidak berlebih tentunya.

Related Posts by Categories

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar anda setelah membaca artikel kami, itu akan lebih menghargai kami sebagai penulis. Untuk anda yang mempunyai web atau blog silahkan tinggalkan komentar sebagai url agar anda mendapat backlink dari kami dan pembaca.