sponsor kami



jual madu asli murah

28 Desember 2011

cara menghilangkan rasa lupa


Lupa menurut medis adalah ketidakmampuan kita untuk mengungkapkan apa saja yang ada di memori otaknya. Sering kali kita tidak menepati jan ji kita bukan karena kita tidak mau menepatinya, tapi kita lupa akan janji yang kita buat itu. Atau sering kali kita lupa tentang suatu hal yang baru saja kita ingat, apalagi kalau hal itu penting tentu akan membuat kita stres dan menguras kinerja otak kita untuk mengingatnya. Lupa bisa di sebabkan oleh penuhnya kapasitas memori kita sehingga kita tidak bisa menampung memori lebih banyak lagi atau mungkin karena penyakit yang kita derita seperti migrain, manupause, atau cidera di kepala kita. Resiko terjadinya lupa bagi pengguna narkoba juga cenderung lebih besar dibanding orang yang lain. Keadaan depresi dan sifat bawaan dari orang tua juga sangat berpengaruh pada kinerja otak kita dalam mengingat memori. Salain hal itu jenis kelamin juga berpengaruh, laki-laki cenderung lebih mudah lupa ketimbang dengan perempuan.
Tentu menyebalkan rasanya ketika kita mencoba mengingat-ingat hal yang kita lupa tapi kita tidak juga mengingatnya, hal itu akan menyita banyak waktu dan pikiran kita dan tak jarang menimbulkan sakit kepala. Mungkin untuk mengatasi atau mengurangi rasa lupa anda sebaiknya anda perhatikan hal-hal berikut :
-          Perbanyaklah asupan makanan untuk otak
Cobalah perbanyak menu makan anda dengan makanan yang mengandung omega 3, kolin, seng,  DHA dan EPA. Makanan yang mengandung zat-zat tersebut terbukti dapat menambah daya ingat anda sehingga resiko kita lupa terhadap sesuatu akan berkurang.
-          Selalu mencatat hal-hal yang penting dalam keseharian anda.
Sederhana mungkin cara yang satu ini. Tapi dalam keseharianya anda akan merasa malas untuk mencatat hal-hal penting dalam keseharian anda. Biasakan diri untuk membawa catatan dan jangan pernah malu untuk mencatat karena takut dibilang pelupa. Coba perhatikan orang-orang yang pintar dan sukses adalah orang yang tak pernah lepas dari buku catatan. Jika ada janji atau peristiwa yang penting biasakan untuk mencatatnya baik di buku catatan maupun perangkat elektronik yang menyediakan aplikasi tersebut.
-          Perbanyaklah kegiatan membaca
Dengan membaca kita berarti melatih otak kita untuk mengingat dan memasukan memori lebih banyak lagi. Bagi anda yang beragama islam membaca Al-quran pada orang-orang terdahulu terbukti bisa mencegah kelupaan juga meningkatkan kinerja mata kita. Lihat saja orang tua dulu yang bisa mengingat masa lalunyadi usianya yang sudah tua.
-          Kurangi porsi makan anda
Dengan kita mengurangi porsi makan kita berarti memberikan ruang di perut kita untuk jalur udara. Jalur udara inilah yang akan melancarkan peredaran darah kita. Dengan lancarnya peredaran darah maka insentitas oksigen  yang bisa dibawa darah  ke otak kita akan bertambah. Komposisi yang baik dalam rongga kita adalah 1/3 untuk makanan, 1/3 minuman dan 1/3 untuk ruang udara. Bagi anda yang memiliki putra-putri ajarkan dari sekarang untuk mulai berhenti makan ketika kita merasa mulai kenyang. Jangan di kembangkan budaya banyak jajan kecuali jika anda ingin dia menjadi anak yang susah mencerna pelajaran.

Related Posts by Categories

2 komentar:

  1. fadma menyukai ini. banyak membaca tidak lupa

    http://dower.blogdetik.com/?p=74

    BalasHapus
  2. kurangi minum kopi juga lumayan manjur

    BalasHapus

silahkan tinggalkan komentar anda setelah membaca artikel kami, itu akan lebih menghargai kami sebagai penulis. Untuk anda yang mempunyai web atau blog silahkan tinggalkan komentar sebagai url agar anda mendapat backlink dari kami dan pembaca.